Kisah Jesus Memberi Kekuatan Iman Kepada Vicente Mota Alfaro

>> Sunday, July 4, 2010

MADRID–Tiga belas tahun lalu, Vicente Mota Alfaro seorang penganut agama Katolik yang taat dan secara teratur menghadiri gereja Misa Minggu dan membaca Alkitab setiap hari. Hari ini, dia tidak hanya seorang mualaf, tetapi juga imam masjid dari Islamic Cultural Center Valencia (CCIV). Alfaro mencatatkan namanya sebagai mualaf pertama yang menjadi pemimpin umat Muslim di Spanyol. Dia juga menjadi anggota Dewan Direksi CCIV sejak tahun 2005.



Pemimpin komuniti Muslim di Valencia mengatakan Alfaro diberi tanggungjawab menjadi imam kerana kualitinya yang luar biasa. “Dia dipilih kerana pengetahuan agamanya yang luas,” kata El-Taher Edda, Sekretaris Jenderal Liga Islam untuk Dialog dan Koeksistensi. Dia percaya janji Alfaro yang mengirim pesan yang jelas tentang integrasi dan memajukan pendidikan bagi Muslim.



Ketika orang-orang bertanya Alfaro tentang perubahan hati dan perjalanan dari agama lamanya pada Islam, dia memberi jawaban yang sederhana. “Itu keinginan Allah bahwa Islam menjadi pilihan saya dan hidup saya,” ujarnya.



Alfaro masuk Islam saat berusia 20 tahun, saat ia masih tercatat sebagai di universitas bergengsi di negara itu. Perjalanannya menjadi Muslim juga sangat sederhana. “Saya membaca Quran suci, lalu saya menjumpai kisah tentang Jesus dan kemudian memeluk agama Islam,” ujarnya.



Ia tak pernah setengah-setengah mencari kebenaran. Saat menjadi penganut Katholik, ia umat yang taat. Saat kemudian ia menemukan Islam adalah keyakinan yang dicarinya selama ini, iapun memegangnya dengan teguh.



“Sementara rakan-rakan saya tidak mempunyai minat pada agama, saya pergi ke gereja setiap hari Minggu dan membaca Alkitab secara teratur. Pada masa itu, saya tahu mulai tertarik belajar tentang Islam.”



Seorang tetangga Alfaro saat dia masih Katholik menyatakan pemuda itu adalah pribadi yang ramah dan toleran. “Kami berbicara sekali dan ia berkata bahawa semua manusia adalah keturunan dari Adam dan Hawa, dan bahawa kita semua keturunan Nabi Ibrahim (Ibrahim),” kenang dia, yang adalah seorang Muslim asal Aljazair.



Bagi Alfaro, pembicaraan tentang agama dengan tetangganya itu sangat memberi kesan mendalam. Percakapan itu memotivasinya untuk menggali lebih jauh tentang Islam.

“Hal selanjutnya yang saya lakukan adalah pergi ke perpustakaan dan meminjam versi terjemahan Quran Al Karim,” ujarnya.



Dia membawa pulang kitab itu dan mulai membaca dengan hati-hati. Titik balik untuk Alfaro datang ketika membaca cerita Quran tentang Jesus dan peristiwa penyaliban.



“Saya membaca dalam Injil bahwa Jesus adalah anak Allah, dan bahawa Allah mengutus anaknya ke bumi untuk dibunuh dan disiksa untuk membawa keselamatan bagi umat manusia saya selalu punya masalah dengan hal ini,” ujarnya. Ia menemukan jawabannya ketika membaca Alquran, yaitu bahwa Jesus tidak dibunuh atau disalibkan, tapi diangkat ke syurga.



“Muslim percaya bahwa Jesus akan datang kembali ke bumi sebelum akhir waktu untuk memulihkan perdamaian dan ketertiban, melawan Anti-Kristus dan membawa kemenangan bagi kebenaran,” tambahnya. Ia makin yakin dengan ajaran Islam, kemudian memutuskan pindah agamanya dan mengganti namanya menjadi Mansour.



Jumlah mualaf di Spanyol kian bertambah. Laporan media tempatan mencatat bahawa kebanyakan mualaf adalah kaum intelektual, akademisi, dan aktivis anti-globalisasi.



Spanyol adalah rumah bagi minoritas Muslim. Jumlah mereka diperkirakan sekitar 1,5 juta dari total populasi sebesar 40 juta. Islam adalah agama kedua setelah Kristen dan telah diakui melalui hukum kebebasan beragama, yang diterbitkan pada bulan Juli 1967.

0 comments:

Related Posts with Thumbnails

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP